cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)" : 8 Documents clear
Pengembangan Video Sebagai Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS SMAN 1 Payakumbuh Sriyani Amsar; Ike Sylvia; AB Sarca Putera
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.55

Abstract

Penelitian dilaksanakan bertujuaan membuat dan mengembangkan media berbasis audio visual mengenai materi integrasi sosial yang layak digunakan dari segi validitas, praktikalitas dan efektifitas. Pengembangan media audio visual yang dikembangkan bertujuan meningkatkan kemampuan berpikir analisis pada mata pelajaran sosiologi kelas XI. Media pembelajaran berbasis video dirasa cukup efektif digunakan, karena memiliki pengaruh yang terhadap daya tarik siswa untuk mempelajari kompetensi yang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE milik Dick and Carry. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas XI SMAN 1 Payakumbuh dengan jumlah 33 peserta didik. Kelayakan produk ini dari segi validitas telah diuji oleh dua orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Terakhir untuk menguji keefektifan media didapatkan dari perbandingan t-hitung > t-tabel yang artinya media pembelajaran berbasis video layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada mata pelajaran Sosiologi.
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh Sisra Elfina; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.56

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui keterlaksanaan penggunaan LKPD berbasis PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik (2) mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan model 4D yang meliputi tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebarluasan). Subjek dalam penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas XI IPS 3 SMA N 1 Payakumbuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi lembar validasi media LKPD, lembar validasi materi LKPD, angket respon/ partikalitas peserta didik terhadap LKPD, serta soal pre-test dan post-test peserta didik. Data keterlaksanaan pembelajaran dianalisis dengan menggunakan pedoman kriteria penilaian dalam bentuk persentase. Data yang diperoleh dari soal pre-test dan post-test dianalisis dengan menggunakan T-hitung > dari Ttabel. Uji t-test berkorelasi dilakukan untuk mengetahui signifikansi perkembangan tingkat berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan LKPD dirasa cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, karena memberikan pengaruh yang signifikan dilihat dari uji t-test.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Payakumbuh Nafsun Zakia; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.57

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat bernilai valid, praktis, dan efektif untuk dipakai didalam pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMAN 1 Payakumbuh. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Sosiologi, sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan hasil belajar Sosiologi peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Payakumbuh. Data yang diperoleh berasal dari tiga instrumen penelitian yaitu instrumen validitas yang akan diperoleh dari validator dosen dan guru Sosiolog, instrumen praktikalitas yang akan diperoleh dari peserta didik sebagai subjek penelitian, dan instrumen efektif yang akan diperoleh dari hasil pretest dan posttest peserta didik. Data validitas dan praktikalitas dioleh dengan cara menghitung rata-rata skor kemudian hasilnya dikonversikan ke dalam skala lima. Data efektifitas berupa hasil pretest dan posttest diolah menggunakan rumus T-test dengan perbandingan T hitung dan T Tabel. Hasil dari data efektifitas menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning memiliki hasil yang efektif dilihat dari perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Strategi Inquiry Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Batang Gasan Rahmadani Fitri Hasibuan; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.59

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS SMA N 1 Batang Gasan, dengan rendahnya hasil belajar siswa ada beberapa dalam proses pembelajaran belum tercapai salah satunya strategi, adanya startegi dalam pembelajaran yang perlu diperbaharui oleh guru, salah satu solusinya dengan menerapkan strategi inquiry dalam proses pembelajaran siswa, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi inquiry dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA N 1 Batang Gasan. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan dengan jumlah siswa 25 orang di kelas XI IPS. hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi inquiry. Hal ini menunjukkan secara keseluruhan belajar siswa rata-rata presentase siklus satu sebesar 35 %, kemudian hasil siklus kedua mengalami peningkatan sehingga tercapai sebesar 70 % sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi inquiry dapat peningkatan. Hal ini kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan menyelesaikan masalah baik secara individu maupun kerjasama yang dapat mengembangkan disiplin intelktual siswa dan keterampilan berpikir sehingga akan membuat siswa berpikir kritis dan menjadikan siswa meningkatnya minat belajar sehingga akan terjadi peningkatan dalam hasil belajar siswa.
Penerapan Sekolah Berintegrasi Budaya Minangkabau di SMA Negeri 5 padang Deni Alwidora; Wirdanengsih Wirdanengsih
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.61

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang penerapan sekolah berintegrasi budaya Minangkabau di SMA Negeri 5 Padang. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif, alasan peneliti menggunakan metode kualitatif ini karena peneliti ingin memberi gambaran serta mendeskripsikan tentang penerapan sekolah berintegrasi budaya Minangkabau di SMA Negeri 5 Padang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori Struktural Fungsional dari Talcott Parson. Hasil dari penelitian ini yaitu penerapan sekolah berintegrasi budaya Minangkabau di SMA Negeri 5 padang di integrasikan kedalam proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas meliputi kegiatan ekstrakulikuler seperti silat dan tarian tradisional, lomba pantun Minangkabau, dan sudut Minang, serta program memakai baju basiba dan menggunakan bahasa Minang setiap hari kamis. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala diantaranya masalah biaya yang belum maksimal, kemampuan guru dalam melakukan pengintegrasian, serta kesulitan siswa dalam memahami makna budaya yang di integrasikan tersebut.
Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide dengan Media Gambar Kelas X IPS 3 SMAN12 Padang Resa Betari; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.62

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi. Rendahnya partisipasi siswa disebabkan kurang tepatnya strategi pembelajaran digunakan guru. Untuk memperbaiki rendahnya partisipasi siswa guru menggunakan model pembelajaran Prediction Guide dengan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan partisipasi siswa melalui model Prediction Guide dengan media gambar dalam pembelajaran sosiologi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS3 SMAN12 Padang berjumlah 36orang. Penelitian dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Metting dan Whatsapp. Hasil penelitian diolah menggunakan rumus P=(F/N) X 100%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa, dari pra tindakan sebesar 35%, siklus I meningkat 67%. Siklus I ke siklus II meningkat sebesar 78%.
Pelaksanaan Student Centered Learning Berbasis Online pada Pembelajaran Sosiologi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi Masa Pandemi Covid-19 Rahmah Fitriyani; Reno Fernandes
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.64

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan yang terjadi pada proses pembelajaran karena pandemi Covid-19. Perubahan yang terjadi adalah pembelajaran dilakukan secara online. Meskipun dilakukan secara online pembelajaran tetap berbasis Student Centered Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan Student Centered Learning berbasis online pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi masa pandemi Covid-19, (2) kendala-kendala yang dalam pelaksanaan Student Centered Learning berbasis online pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) pelaksanaan Student Centered Learning berbasis online pada pembelajaran sosiologi siswa kelas X IPS SMA Negeri 4 Bukittinggi masa pandemi Covid-19 sudah terlaksana sesuai tuntutan pembelajaran kurikulum 2013 yang berbasis Student Centered Learning dan sesuai protokoler Home Learning, (2) terdapat kendala-kendala yang dialami guru dan siswa karena belum sepenuhnya bisa beradaptasi dengan proses pembelajaran online.
Persepsi Mahasiswa Sosiologi FIS UNP Tentang Mata Kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) Fiona Oktafia; Desri Nora AN
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 2 No 1 (2020): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (September 2020)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v2i1.65

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti tentang banyak nya mahasiswa Pendidikan Sosiologi yang belum menguasai keterampilan dasar mengajar. Dalam micro teaching mahasiswa diajarkan keterampilan dasar mengajar. Sedangkan kenyataannya yang terjadi pada mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNP dalam mata kuliah micro teaching di lapangan banyak belum menguasai keterampilan dasar mengajar serta materi disampaikan belum maksimal, ada juga gugup dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah mata kuliah micro teaching membantu mahasiswa Pendidikan Sosiologi FIS UNP dalam pelaksanaan praktek lapangan kependidikan (plk). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Penelitian menggunakan teori Talcott Parson yaitu teori Struktural Fungsional dengan Skema AGIL. Teknik pemilihan informan adalah purposive sampling, dengan jumlah informan 10 orang. Penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa Pendidikan Sosiologi ketika pelaksanaan praktek lapangan kependidikan memakai langkah-langkah micro teaching dan menguasai keterampilan dasar mengajar yang diajarkan dosen dapat membantu mahasiswa Pendidikan Sosiologi dalam pelaksanaan praktek lapangan kependidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8